Kamis, 13 September 2007

Ingin Menolaknya Takut Menyakiti, Gimana Ya...?

Memang banyak perempuan yang senang jika banyak kaum lelaki berada dekat dengannya. Tetapi kedekatan itu berujung pada pengungkapan kata cinta maka akan muncul masalah karena hati anda merasa tidak cocok. Mungkin anda bingung untuk menolaknya karena ternyata tidak mudah karena anda takut menyakitkan, anda akan kehilangan teman atau relasi dan sebagainya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan tanpa harus menyakiti lelaki tersebut, simak berikut ini.

Cobalah anda bersikap kebalikan, saat lelaki berani mengungkapkan perasaannya sudah tentu ada yang membuatnya tertarik kepada anda. Entah itu dari keceriaan anda, sisi maskulinitas anda atau perhatian anda. Agar dia berpikir ulang untuk memburu anda sebaiknya anda tampilkan sisi kebalikannya. Jika selama ini anda memberikan perhatian kepada dia, cobalah anda kurangi. Bila selama ini dia tertarik dengan sikap anda yang apa adanya maka tidak ada salahnya anda tampil lebih norak dihadapannya. Jadi dia akan berpikir kembali atas sikap anda.

Bicarakan lelaki lain saat anda bersamanya, cara ini sangat ampuh untuk merendam keinginannya menjadi kekasih anda. Cobalah anda katakan bahwa anda sedang tertarik dengan seorang lelaki dan berharap bisa menjadi kekasihnya. Pembicaraan ini mampu menumbuhkan jarak dan menebalkan pemahaman bahwa anda hanya ingin menjadikannya sebagai tempat curhat.

Jangan terbuka, jangan memberi kesempatan dia untuk memberi tafsiran. Kecuali memang sudah ada komitmen antara anda berdua untuk sekedar menjadi sahabat. Jangalah anda mengungkapkan perasaan, emosi, ekamlangan atau suatu masalah. Lelaki cenderung merasa diberi hati, dipercaya, jika dia bisa menjadi teman berbagi cerita dan bisa membantu memecahkan permasalahan perempuan idamannya. Karena memang lelaki sangat menyukai mencari jalan keluar untuk masalah yang dihadapi teman dekatnya, apalagi perempuannya. Dengan menemukan jawaban dari sebuah masalah maka mereka merasa diperlukan dan hebat.

Sebaiknya anda jangan memberi peluang untuk mengungkapkan kegalauannya. Jika dia mengatakan memiliki masalah dan ingin bercerita sebaiknya anda tolak saja secara halus bahwa anda sedang sibuk. Tapi jika dia sudah berada dihadapan anda maka anda cukup dengarkan saja tanpa harus memberi saran atau empati.

Jauhi saat berduaan karena biasanya lelaki mencari-cari waktu untuk lebih dekat dan mengungkapkan perasaannya. Jadi anda jangan beri ruang, jika dia mengajak maka tolaklah dengan halus karena kesibukan anda. Tetaplah berkumpul dan bermain bersama kelompok anda karena persahabatan yang sejati harus bisa saling menghargai kebebasan setiap individu.

Jika dia datang berkunjung ke rumah anda, cobalah anda tetap bersama keponakan atau saudara anda. Sehingga dia tidak memiliki waktu yang bebas dan menyenangkan untuk mengenal anda lebih dalam. Anda pun tidak akan menghadapi situasi yang tidak mengenakkan karena harus melayani pembicaraannya.

Alihkan perhatian. Bila dia nekad maka anda akan merasa terpojok dan tahu lawan bicara anda akan mengungkapkan sesuatu, terapkan gaya ini. Caranya adalah memotong pembicaraan dengan melemparkan topik baru yang tidak ada hubungannya dengan anda. Tapi sebaiknya anda lakukan dengan hati-hati dan luwes agar lawan bicara anda tidak merasa tersinggung atau menganggap anda sengaja menghindar. Atau anda bisa berpura-pura sibuk atau tiba-tiba ingat sesuatu yang harus dikerjakan.

Bila anda selalu sigap bereaksi memotong pembicaraan yang tidak anda inginkan maka anda akan mampu melompati situasi yang tidak menyenangkan. Biarkan dia makin deg-degan lalu urungkan mengungkapkan perasaannya karena menganggap anda tidak memiliki perasaan yang sama. Yang perlu anda ingat adalah lelaki cenderung takut untuk ditolak.

Beri penjelasan, karena terkadang cara yang anda terapkan tetap tidak ampuh. Artinya dia tetap saja mengungkapkan perasaannya dengan cara dan bentuk apapun. Jika sudah begini maka jalan keluarnya adalah menjawab saat itu juga dengan nada datar dan alasan masuk akal. Jangan mengulur waktu, memberi jawaban berbelit-belit atau seakan memberi kesempatan apalagi berbohong. Jangan katakan bahwa anda belum ingin menjalin ikatan jika memang anda merasa tidak cocok dengan lelaki tersebut. Atau anda memberi alasan bahwa anda sudah memiliki orang lain, sementara anda masih sendiri. Tapi anda bisa katakan bahwa anda tidak memiliki perasaan yang sama karena anda menganggapnya sebagai sahabat. Yakinkan padanya bahwa persahabatan anda dengannya merupakan peringkat nomor satu dan segalanya. Penjelasan itu sangat elegan dan tidak menyakitkan.


Tetapi acapkali penjelasan itu tidak cukup bagi lelaki untuk menyakinkan

hatinya karena mereka cenderung merasa tertantang dan ingin mencobanya kembali. Jadi anda tetap pertahankan jawaban anda meski dia berusaha berbagai macam cara untuk meluluhkan hati anda dan memang dibutuhkan konsistensi.

Buatlah hal ini sebagai sesuatu yang menggairahkan. Jangan anda buat pusing, apalagi stres dalam menghadapi masalah seperti ini. Kalaupun dia akhirnya kabur maka relakan saja dan anda tidak perlu bersedih hati atau iba. Karena sebuah hubungan tidak akan bisa langgeng jika tidak dilandasi cinta.

Tetap gairahkan hari-hari anda dengan membuat rencana-rencana menarik untuk hidup anda. Aktifkan pikiran anda dengan sesuatu yang membuat anda bergairah karena hal itu merupakan terapi yang baik untuk meminimalisasikan rasa depresi. Lakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dan hidupkan kembali kebiasaan makan bersama teman lama di luar atau terus mengembangkan hobi anda. S

Tidak ada komentar: