Minggu, 16 September 2007

Kenali Tipe Anda

Anda sendiri dan mungkin oranglain melihat bahwa anda sebagai pekerja keras yang handal. Tetapi diam-diam, anda merasa ada yang salah sehingga membuat anda stres. Untuk menjawab masalah ini ada baiknya jika anda mengenali tipe anda dengan menjawab pertanyaan di bawah.

Bagaimanakah gaya anda dalam berbelanja ? a. Mencari barang terbaik hingga anda mendapatkannya. Anda harus mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga yang pantas, b. Memikirkan dahulu apa yang akan anda beli, membayangkan barang itu akan diletakkan atau dikenakan dengan cara apa lalu mencari padanannya, c. Gaya cepat tetapi jika anda mendapat barang yang mirip dengan aslinya maka anda akan membelinya.

Anda ditugaskan memegang sebuah project penting. Apa yang pertama kali yang anda lakukan dalam menyiapkannya ? a. Membuat konsep besar dan mengembangkannya menjadi lebih besar lagi, b. Mengumpulkan orang-orang langsung membagi tugas dan menunggu mereka menyelesaikan assignment-nya, c. Membuat time planner, menyusun tiap langkah yang harus anda kerjakan dan meneliti secara rinci apa yang harus anda lakukan.

Hal apakah yang paling membuat anda stres ? a. Mission impossible yang diberikan atasan kepada anda, b. Bekerja sama dengan orang-orang yang maunya cepat selesai, menyelesaikan pekerjaan asal-asalan, c. Rutinitas sehingga membuat anda bosan dan tertekan.

Tipe lelaki macam apa yang menjadi impian anda ? a. Lelaki yang bisa jadi teman diskusi, memiliki banyak pengetahuan, pintar, berkarakter dan memiliki cara unik menyatakan cinta, b. Lelaki yang memiliki pendirian, teguh pada cita-cita, tegas, berwibawa dan berkharisma, c. Lelaki yang bisa melindungi, dewasa, mampu mengatasi banyak masalah, setia dan menyediakan diri serta waktu untuk anda.

Apa yang biasanya membuat anda kesulitan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu ? a. Hampir semua pekerjaan membuat anda dikejar batas waktu. Anda hampir selalu stres karena ada saja yang kurang, b. Waktu bergerak terlalu cepat, rasanya baru kemarin pekerjaan itu datang ke meja anda, c. Terlalu banyak ide, selalu muncul gagasan baru di tengah jalan.

Pekerjaan macam apa yang membuat anda bahagia ? a. Pekerjaan rutin yang anda kuasai dengan baik dan bisa dikerjakan secara mekanistis, b. Project membuat ide-ide cemerlang anda muncul dnegan sempurna, c. Pekerjaan apapun yang tenggat waktunya cukup panjang sehingga bisa diselesaikan dengan baik.

Rekan kerja macam apa yang paling membuat anda nyaman ? a. Rekan kerja yang bekerja dengan cepat dan rapi, b. Rekan yang bisa menjadi sparing partner untuk sharing gagasan seru, c. Rekan kerja yang selalu bisa mengatasi masalah.

Score anda : 1.a. 6, b. 4, c. 2; 2.a. 4, b. 2, c. 6; 3.a. 2, b. 6, c. 4; 4.a. 4, b. 6, c. 2; 5.a. 6, b. 2, c. 4; 6.a. 2, b. 4, c. 6; 7.a. 6, b. 4, c. 2.

Jika hasil jawaban anda 12 hingga 21 maka anda adalah seorang Dreader. Anda sering gentar menghadapi pekerjaan sulit. Kecenderungannya, anda menunda dulu pekerjaan hingga mood anda datang. Masalahnya, mood tidak juga datang walau tenggat waktu mendekat sehingga stres anda menjadi berpola. Biasanya anda bisa menikmati hari-hari bila deadline belum terlihat ujungnya. Begitu deadline mendekat maka anda akan panik dan merasa jadi manusia yang paling merana di dunia. Kelihatannya anda perlu belajar berani untuk menghadapi masalah. Biar bagaimanapun, anda tidak tinggal di surga yang konon bebas merdeka tanpa persoalan. Rasa khawatir atau cemas tidak akan membuat persoalan selesai. Masalah tidak seseram kelihatannya.

Bila hasil jawaban anda 22 hingga 31 maka anda adalah seorang Dreamer. Hal yang paling membuat anda bahagia adalah saat bisa mengembangkan gagasan. Pikiran anda dipenuhi ide-ide liar yang seringkali sulit diwujudkan. Anda akan sangat terganggu bila ada orang yang langsung bicara teknis saat anda sedang asyik bicara konseptual. Anda perlu belajar menikmati mewujudkan gagasan besar itu. Karena gagasan hanya tinggal gagasan jika hanya dibicarakan. Anda pasti bisa.

Tetapi jika hasil jawaban anda 32 hingga 42 maka anda adalah seorang Perfectionist. Tingkat stres anda cukup tinggi karena anda tidak bisa melihat pekerjaan cacat, sekecil apapun. Bagi anda, nilai dan harga anda terletak pada apa yang dikerjakannya. Tidak ada salahnya dengan itu. Masalahnya, tidak semua orang memiliki kecenderungan yang sama dengan anda. Cobalah anda belajar sedikit santai dalam mengerjakan sesuatu dan tersenyumlah

Tidak ada komentar: