Minggu, 16 September 2007

Manfaat Kata-Kata dalam Mengurangi Stress

Sebenarnya yang bisa merusak derita batin sehingga menyebabkan stres, depresi dan kecemasan adalah kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan situasi dan kejadian yang dialami oleh seseorang. Menggunakan kata-kata bernada keras dan penuh emosi, kesedihan atau rasa sakit akan memicu respon yang menakutkan. Terlebih lagi, pemilihan kata yang buruk hanya akan memperburuk rasa sakit yang dirasakan.

Kata-kata memiliki kekuatan lebih yang dapat anda gunakan dan memiliki dampak terhadap emosi anda. Memang terkadang anda menggunakan kata-kata bernada tinggi saat anda kehilangan kendali, marah dan frustasi. Kondisi seperti ini sering membuat anda melampiaskan emosi melalui kata-kata. Bagi sebagian orang, setelah mengeluarkan semua isi hatinya, biasanya mereka akan kembali awal dan menjalani hidupnya dengan normal. Tetapi hal ini tidak semudah itu, jika emosi negatif berubah menjadi stress, depresi dan kecemasan.

Kondisi seperti ini biasanya rasa sakit akan terlontar dengan cara negatif sebagai reaksi dari setiap kejadian dalam hidup yang dialami orang tersebut. Salah satu reaksi negatif adalah mengeluarkan kata-kata bernada keras dan penuh emosi. Sehingga membuat masalah yang tadinya kecil menjadi besar.

Ada tiga kata yang membuat emosi anda jatuh pada bagian paling dasar yaitu semuanya, tidak ada dan tidak akan pernah. Contoh kasus adalah hubungan anda sedang mengalami guncangan dan tidak akan dapat dipertahankan. Sehingga ada tiga kata yang mendorong anda pada titik stres, depresi dan gelisah.

Dalam hati anda mengatakan bahwa semuanya yang terjadi dalam hidup anda selalu berakhir buruk. Tidak ada lagi yang anda inginkan tanpa kehadirannya. Anda tidak akan pernah tertawa lagi. Kata-kata tersebut mampu merusak reaksi emosi uang tinggi dan mendorong stres anda dengan memberi arti kejadian layaknya bencana besar.

Agar anda terhindar dari emosi ini maka anda bisa gunakan tiga kata yang lebih baik, tidak emosional dan mampu meredakan intensitasnya. Yaitu hanya, untuk mengganti semuanya, sementara untuk mengganti tidak akan pernah dan beberapa untuk mengganti tidak ada.

Ungkapan dalam kasus yang sama, katakan dalam hati anda bahwa baiklah hubungan anda berakhir tapi itu hanya mempengaruhi kehidupan cinta anda. Beberapa hal akan berubah tetapi pekerjaan, teman, hobi kehidupan sosial anda masih berjalan seperti biasa. Sekarang anda terluka tetapi itu hanya sementara dan segalanya akan berjalan normal sejalan dengan waktu.

Dengan begitu anda bisa mengetahui, betapa kata-kata bisa mengurangi pengaruh dan lebih banyak memberi kekuatan. Jadi anda harus bisa memilih kata-kata mana yang mampu memberikan anda kekuatan di saat anda mengalami hal-hal buruk dalam kehidupan ini. Jadi gunakan kata-kata positif untuk memberikan dampak yang lebih baik agar anda terhindar dari stres, depresi dan kecemasan.

Tidak ada komentar: