Kamis, 13 September 2007

Networking, Pintu Sukses Anda

Networking bisa dimulai dari mana saja. Percakapan dengan rekan saat makan siang bisa jadi awal jaringan kerja anda. Anda sudah siap membuka jalan meraih karier impian? Simak segera 8 kunci sukses memasuki dunia pergaulan profesional berikut:

1.Jadi Humas Untuk Diri Sendiri
Langkah berikut, buat orang lain tahu kemampuan dan prestasi Anda. “Sebarkan” informasi ini saat Anda bertemu relasi baru. Caranya, ceritakan sekelumit cerita sukses Anda. Yang penting, lakukan dengan benar. Buang jauh-jauh sikap menyombongkan diri.

2.Berbagi Hal Yang Menyenangkan
Perhatikan baik-baik sekeliling kantor. Anda pun akan melihat banyak kesempatan untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Mulai membuat dengan rekan kerja senang dan merasa nyaman bekerja dengan Anda.

3.Bersosialisasi
Jangan terlalu banyak tengggelam di belakang meja kerja. Sesekali, hirup udara segar di luar sana. Temui orang-orang yang punya potensi tinggi untuk memajukan karier. Usahakan untuk memenuhi setiap undangan ke acara atau pertemuan. Jangan lupa persenjatai diri dengan informasi orang yang akan Anda temui. Jika merasa nervous, genggam saja erat-erat gelas minuman. Tarik nafas dalam-dalam. Tapi jangan lupa untuk selalu tersenyum!

4.Jadilah Pendengar Yang Baik
Apa yang akan Anda lakukan saat menghadapi klien penting? Pasang telinga baik-baik. Ujian terberat dalam sosialisasi adalah jadi pendengar yang baik. Networking bisa dibilang sukses jika Anda bisa ‘memanen’ informasi. Makin banyak Anda bisa membuat relasi bicara, makin banyak informasi yang Anda dapatkan.

5.Jangan Bersikap Angkuh
Aturan utama dalam Networking adalah untuk tidak memandang sebelah mata orang yang berposisi lebih rendah dari Anda.

6.Buat Mereka Merasa Penting
Siapa yang tak merasa senang mendapat kartu ucapan pada hari ulang tahunnya? Buat relasi Anda jadi orang penting dengan mengingat beberapa detail pribadinya.. “Agar tak lupa, catat dalam agenda,” kata Fleming. Saat mengirim kartu ucapan, tuliskan beberapa kalimat yang membuat terasa lebih pribadi. Kirim kartu ucapan pada hari raya, ulang tahun atau perkawinan. Bukan tak mungkin, sebagai balasan, ia akan memberi rekomendasi baik terhadap Anda pada perusahanya.”

7.Bergabung Dengan Organisasi Profesional
Banyak perkumpulan, organisasi atau club professional yang didirikan dengan tujuan untuk membangun networking. Agar jaringan Anda lebih mantap, cobalah bergabung di salah satu perkumpulan yang paling sesuai dengan Anda. Bisa organisasi professional atau sosial lainnya.

Tidak ada komentar: