Selasa, 11 September 2007

Atur Waktu Kerja

Efisien dalam bekerja, membuat segalanya lebih mudah dan cepat. Yang ruwet akan kelihatan gamblang, yang bertumpuk akan terasa enteng. Untuk langkah awal menuju efisiensi adalah merapikan meja kerja. Dengan begitu anda bisa memilah mana yang sangat perlu dan yang bisa ditunda bahkan tidak perlu dikerjakan sama sekali.

Pilah kerja yang ada di meja anda. Sebaiknya kerjakan yang sudah ada ditangan anda. Jangan mengulang pemilahan, karena hanya membuang waktu. Dan kerjakan sampai tuntas agar tumpukan kerja berkurang. Karena pekerjaan yang tertunda merupakan beban tersendiri bagi anda. Apalagi bila anda mempunyai proyek besar. Sebaiknya anda memprioritaskan tumpukan pertama yang bisa dikerjakan.

Susunlah rencana anda esok hari ketika pikiran sedang jernih, saat pagi hari atau sebelum tidur. Menentukan prioritas sangat penting, jangan menunda pekerjaan karena takut hasilnya tidak memuaskan. Dengan mengatur rencana, anda lebih bisa berkonsentrasi, berarti pikiran tertuju hanya pada satu persoalan saja. Ini merupakan kunci sukses karier anda sebab sebuah pekerjaan jarang bisa dikerjakan sekaligus.

Semakin anda berpengalaman dalam pekerjaan, anda semakin pandai melihat indikasi bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Sebaiknya anda tanggulangi sedini mungkin, agar tidak menjadi besar dan tidak diinginkan.

Jangan terlalu ikut campur dengan urusan teman sekerja, karena akan berakibat fatal. Tetapi terkadang campur tangan rekan kerja diperlukan sebagai masukan yang sangat baik untuk pekerjaan anda.

Jangan pernah ragu-ragu menyelesaikan pekerjaan anda secepat mungkin, karena bisa menghemat waktu anda bahkan mungkin anda malah memperoleh reward dari atasan. Have a nice day, girls...

Tidak ada komentar: