Sabtu, 03 November 2007

Film Terbaru Cate Blanchett Dikecam Vatikan

Film terbaru Cate Blanchett berjudul Elizabeth: The Golden Age mendapat kecaman Vatikan. Film ini dianggap sebagai propaganda anti-Katolik.

Menurut seorang ahli sejarah Vatikan, Franco Cardini, film yang menceritakan tentang perlawanan Ratu Elizabeth I yang kalah dari Raja Katolik Spanyol itu merupakan ejekan.

Sutradara film itu, Shekhar Kapur, membantah. "Film ini sama sekali tidak bertujuan untuk propaganda anti-Katolik," tegasnya,

Ditambahkan Kapur bahwa film karyanya itu jauh dari penghinaan agama. Hanya saja interpretasi masing-masing terhadap Tuhan berbeda. Rencananya, Kapur akan membuat film ketiga mengenai Virgin Queen.

"Ada asumsi film ini akan menjadi film trilogy. Semuanya berhubungan agar bisa dimengerti maksudnya secara keseluruhan. Aku pikir aku baru memulainya," urainya.

Sesuai judulnya, Elizabeth :The Last Hours atau The Final Day, Kapur akan membuat trilogi itu berdasarakan kehidupan sang Ratu.

"Ini adalah film pertama yang secara personal bercerita mengenai perempuan. Nanti pada akhir cerita, Ratu tersebut mengatakan, dia adalah Virgin Queen. Kemudian, dia akan memindahkan Virgin Mary dan mendeklarasikan dirinya sebagai Tuhan," jelas Kapur.

Tidak ada komentar: